Sampah organik merupakan salah satu bahan baku yang baik dalam pembuatan kompos. Sampah yang telah dicacah kemudian diproses melalui penyaringan sehingga tersaring bagian yang halus. Pada sampah halus tersebut akan dilakukan pencampuran dan fermentasi sehingga menjadi kompos. Kompos yang dihasilkan dapat dijual dengan harga yang murah ke masyarakat. Dengan memotong biaya seperti biaya transportasi serta biaya bahan baku maka kompos yang dihasilkan bisa dijual lebih murah dibandingkan dengan kompos di pasar.

Pemasaran juga dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak-pihak ketiga seperti kelompok tani yang ada di wilayah produksi. Kerjasama-kerjasama ini akan membuka pasar dan menyerap hasil produksi kompos tersebut.

DAPAT MENYEDIAKAN BERBAGAI KUALITAS

1.  Raw material kompos                Rp. 200,-  – Rp, 500,- per kg

2. Fine kompos siap granule         Rp. 400,-  -Rp. 600,- per kg

3. Kompos Granule                         Rp. 900,- – Rp.1.000,- per kg

PostHeaderIcon Briket Biomassa

Briket Biomassa (Carbonized & Non Carbonized)

Biomassa merupakan sisa-sisa kegiatan dari makhluk hidup yang memiliki energi untuk dijadikan bahan bakar. Biomassa tersebut dibentuk menjadi silinder-silinder kecil agar dapat digunakan dalam skala rumah tangga maupun KUKM

Dengan kalori serta pembakaran yang hampir setara dengan minyak tanah, briket biomassa dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang dapat digunakan untuk kebutuhan pengolahan makanan, masak, pengeringan, pembakaran, pemanasan dan sebagainya.

Briket biomassa ini dapat diproduksi oleh masyarakat dengan dengan murah dan dimungkinkan untuk dikembangkan secara massal dalam waktu yang relatif singkat menggunakan teknologi serta peralatan yang sederhana.

PostHeaderIcon Pupuk Organik

Bahan baku hasil dari pengolahan belum dapat disebut pupuk organik. Untuk dapat diolah menjadi pupuk organik maka harus diberikan pengolahan lebih lanjut. Pengolahannnya adalah mencampur dengan bahan-bahan lainnya, misalkan cocopeat yang mempunyai C lebih tinggi, sehingga menghasilkan C/N ratio yang lebih baik.. Kemudian nutrisinya juga ditambah  untuk menghasilkan kandungan yang lebih baik bisa dengan fish meal, blood and bone dan lain-lainya.

Setelah menjadi pupuk kemudian dikemas dengan ukuran yang dikehendaki oleh pasar,umumnya ukuran 20 kg atau ukuran 40 kg. Pengguna pupuk organik ini cukup banyak jika dijual dengan harga yang wajar.

Harga jual per karung Rp, 10.000,-/ 20 kg, untuk Partai mendapatkan discount pembelian. Kami dapat melayani dari berbagai daerah di Indonesia.

PostHeaderIcon Pengolahan Daur Ulang

Dari hasil pengolahan sampah, juga dihasilkan  plastik dengan berbagai jenis. Ada 6 jenis plastik yang sangat laku di pasaran meliputi HD,PE, HDPE, PP dan beberapa jenis lainnya. Plastik-plastik tersebut jika dilakukan pengolahan yang meliputi sortir berdasarkan jenisnya lalu kemudian berdasarkan warnanya maka sudah ada penampungnya

Tetapi jika diolah hingga lebih lanjut ,maka harga jual dari produk daur ulang tersebut menjadi lebih tinggi. Untuk plastik yang sudah dirobek , dicuci dan dikeringkan bisa mempunyai harga dari Rp. 2.000,- per kg hingga Rp, 6.000,- per kg tegantung dari  jenisnya.

Hasil akhir dari daur ulang plastik, berupa biji plastik yang digunakan oleh industri dengan mutu yang lebih rendah. Ember hitam untuk bangunan contohnya, gagang sapu, pengki dan lain-lainnya. Industri daur ulang ini secara terpisah dan serius harus dikembangkan karena selain dapat memberikan lapangan pekerjaan, juga dapat mengatasi problem lingkungan.  Selain plastik lembaran, maka plastik lainnya seperti botol aqua, botol shampo maupun botol lainnya dapat diproses daur ulang dengan teknis yang berbeda.

Kendala yang dihadapai adalah network sudah ada sulit ditembus oleh pemain baru, dan pabrik pengolahan yang besar hanya berada di beberapa kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bandung dan Medan. Mengatasinya adalah dengan menggunakan pengepresan hingga 5:1 untuk menghemat biaya transportasi. Tetapi dalam mengelola bisnis tidak harus cepat putus asa, semua itu dapat diatasi melalui pehitungan dan inovasi yang
lebih baik.
HASIL DARI RECYCLE PLASTIK AND PAPER
1. HDPE  sudah cuci dan press
2. PP bersih sudah press
3. Recycle paper berbagai jenis.
4. HDPE CACAH SIAP UNTUK GRANULE